Networking : pengenalan jaringan komputer

April 7, 2008 at 5:10 am (computer)

Networking : pengenalan jaringan komputer bag 1

Tulisan ini didapat dari berbagai sumber yang penulis lupa dapat baca dimana dan perkuliahan jaringan komputer di kampus.

Jaringan komputer merupakan kumpulan dari komputer dalam jumlah banyak yang terpisah pisah tetapi saling terhubung satu dengan yang lainnya dalam melaksanakan tugasnya. Keuntungan yang diperoleh bila suatu komputer terhubung dalam jaringan :

1. meningkatkan secara bertahap kinerja sistem sesuai dengan kebutuhan hanya

dengan menambakan sejumlah procesor.

2. menjadi suatu media penghubung anatr individu yang terlibat dalam suatu

sistem.

3. Pemakaian resource dapat dilakukan secara bersama sama

4. dapat melakukan pertukaran data antar sistem

Jaringan komputer di kelompokkan menjadi 2 yaitu menurut teknologi transmisi dan jarak

Berdasarkan teknologi transmisi dibagi menjadi 2 yaitu jaringan broadcasting dan jaringan point-to-point. Jaringan broadcasting hanya memiliki komunikasi tunggal yang dipakai secara bersama sama oleh mesin yang ada dalam jaringan. Cara pengiriman data dibuat dalam paket kecil kecil yang setiap paket tersimpan alamat pengirim, alamat yang dituju, ukuran dari paket. Jaringan point-to-point terdapat beberapa koneksi pasangan individu dari mesin mesin.

Berdasarkan jarak dibagi menjadi 5 bagian yaitu LAN (local area network), MAN (metropolitas area network), WAN (wide area network), jaringan tanpa kabel, dan VPN (virtual private network).

LAN merupakan jaringan pribadi dalam sebuah gedung yang dapat menempuh jarak sampai 1 km. Perlengkapan LAN dapat dikelompokkan menjadi 3 kategori : PC (workstation) ,biasanya banyak digunakan dalam departemen. Server, digunakan dalam suatu departemen yang kemudian di share ke beberapa user. Mainframe, digunakan untuk database

MAN merupakan jaringan pribadi yang lebih jauh jangkauannya dari LAN, bisa mencapai jarak 10 km. MAN memiliki error dan delay yang lebih tinggi dari LAN. Contoh TV kabel.

WAN terdiri dari media transmisi dan sejumlah switching node yang saling terkoneksi. Biasanya mengunakan satelit atau sistem radio.

Jaringan tanpa kabel memungkinkan seorang pemakai yang mobile dapat terkoneksi ke LAN dengan menggunakan wireless LAN.

VPN banyak diterapkan pada jaringan extranet maupun intranet. VPN merupakan suatu jaringan pribadi yang menggunakan infrastuktur jaringan komunikasi public dengan menggunakan tunneling protocol dan procedure sekuriti.

Tulisan diatas memang bersifat teknis jadi agak menjemukan, tapi tidak apa2 buat yang baru belajar jaringan.tunggu bagian yang ke-2. VIVA BALIHACK…kapan ngumpul di cannnel #balihack.

CAPIL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: