Komputer Optik Gunakan “Sinar Cair”

April 7, 2008 at 5:13 am (computer)

Komputer Optik Gunakan “Sinar Cair”

Sebuah penelitian revolusioner berhasil mengungkap proses yang memungkinkan sinar berubah sifat menjadi cair. Maksudnya, dapat dipecah ke dalam wujud droplet dan menempel di permukaan bagai percikan air. Secara teoritis, prinsip ini memungkinkan terciptanya optik.

Komputer optik, prinsipnya adalah chip mengirimkan cahaya ke sekitar sirkuit optik dalam melakukan pemrosesan data.

Memang, teori ini masih jauh dari praktek. Namun, terobosan yang dilakukan oleh tim peneliti Universitas Vigo, Ourense, berhasil mengungkap kemungkinan pakar untuk mengonsentrasikan pulsa cahaya ke atas permukaan. Teorinya, bagaikan memercikan setetes air di permukaan.

Terobosan tim peneliti ini memang mengundang kontroversi. Soalnya, sampai saat ini cuma diketahui adanya tiga fase benda dalam ilmu fisika, yaitu gas, cair, dan padat.

Kendati para peneliti terkadang membicarakan pancaran sinar diidentikkan dengan gas — karena foton (paket cahaya) bergerak secara acak dalam pancaran — mereka tetap tidak terbiasa mengartikannya secara bahasa.

“Sebenarnya anda bisa menganggap cahaya sebagai gas,” ungkap tim peneliti Humberto Michinel Universitas Vigo, Ourense, Spanyol. Menurutnya, dengan mengidentikan cahaya sebagai gas, secara teori bisa dilakukan proses ‘konsensasi’ ke dalam wujud cair.

Untuk membuktikannya, para peneliti kini tengah mengerjakan eksperimen pada materi non-linier, yang semakin besar intensitas cahayanya akan makin memperlambat gerakan pancarannya. Maksudnya, di dalam pancaran atau ‘beam’ lebih lambat dibandingkan dengan bagian luarnya, terutama saat melewati lensa cembung dan difokuskan menjadi titik.

Nah, prinsip inilah yang bisa dipakai dalam proses optik. Memang, berbeda dari sasaran semula yang mentransmisikan cahaya dari titik ke titik.

· Sumber: Mweb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: