Etika Berkomunikasi dengan Jaringan

April 7, 2008 at 5:58 am (elektro)

Etika Berkomunikasi dengan Jaringan

Berbagai cara dapat dilakukan untuk menjalin hubungan dan berkomunikasi dengan jaringan, termasuk diantaranya melalui kelompok diskusi.

Kelompok diskusi secara online merupakan sumber yang hebat dalam hal inspirasi dan informasi bagi anda, merupakan tempat yang tepat untuk membangun kontak dari jaringan anda.

Untuk bisa memiliki peluang yang bagus, sehingga anda bisa berhasil memanfaatkan jaringan melalui kelompok diskusi ini, berikut ini beberapa catatan yang patut dipertimbangkan. catatan ini sering juga disebut dengan netiket (netiquette) atau etika di internet.

*

Sediakan waktu anda untuk mengirimkan pewan pertama anda, beradaptasilah dalam beberapa waktu untuk mengenal gaya mereka yang ada di dalam kelompok tersebut dan bacalah arsip diskusi yang telah mereka lakukan, kapan perlu, jika ada FAQ (frequently asked question/pertanyaan dan jawaban dari pertanyaan yang sering diajukan), bacalah dokumen tersebut.

*

Hindari mengirimkan pengantar tentang diri anda dalam alinea yang panjang, khususnya ketika anda baru saja bergabung dengan mereka, kecuali jika aturan yang mereka tetapkan memang demikian adanya.

*

Gunakan pengenal diri anda (signature) pada email yang anda kirimkan. Signature ini biasanya berupa beberapa baris pesan yang berisi informasi tentang diri anda dan ditempatkan pada bagian bawah email anda, kecuali jika aturan melarang hal tersebut.

*

Hindari penulisan pesan pada email dengan SEMUA PESAN DENGAN HURUF BESAR. Gunakan huruf besar tersebut seperlunya.

*

Tulis dan edit pesan yang akan anda kirimkan ke dalam kelompok diskusi dengan hati-hati, khususnya jika anda baru saja bergabung dengan mereka, karena ini akan mempengaruhi tingkat nilai pribadi anda di dalam forum tersebut.

*

Hindari mengirimkan file tambahan melalui fasilitas attachment dari email anda, termasuk penggunaan berbagai macam format huruf di dalam pesan anda (juga huruf tebal, miring, dll), karena tidak semua email mendukung fasilitas demikian sehingga pesan yang anda sampaikan akan menghasilkan gaya yang berbeda bagi pembaca lainnya.

*

Pertimbangkan bahwa pesan yang anda kirimkan adalah untuk semua anggota yang ada di dalam kelompok diskusi tersebut, sehingga jika anda ingin mengirimkan untuk sebagian kecil dari anggota tersebut, gunakanlah jalur pribadi, jangan melalui kelompok tersebut, artinya tujukan email anda tersebut langsung kepada personal yang anda maksud.

*

Tidak usah mengomentari suatu diskusi yang sedang panas, sampai anda betul-betul diterima oleh anggota diskusi tersebut.

*

Simpanlah komentar dari diskusi tersebut yang menurut anda ada hubungannya dengan keinginan pribadi anda.

*

Hindari berkomentar terlalu keras pada pesan-pesan awal anda.

*

Tampilkan pengetahuan anda, dan tunjukkan wawasan anda, hindari penyampaian hal-hal yang terlalu komersil tentang diri anda.

*

Tidak usah berkecil hati jika seseorang merendahkan anda di dalam kelompok tersebut, namun belajarlah dari pengalaman. Dan jangan membalas jika anda melecehkan anda.

*

Sampaikan pesan anda dengan rasa hormat dan menghargai mereka, serta bertoleransilah terhadap ide serta opini yang berkembang.

*

Jangan sungkan-sungkan untuk meminta pertolongan kepada anggota kelompok diskusi tersebut, terutama jika anda sedang membutuhkan solusi dari mereka.

*

Buatlah anggota menyenangi anda dan menghargai anda, hindari sindiran tajam terhadap seseorang atau kelompok, terutama dalam rangka menghindari terjadinya kesalahpahaman.

*

Bangunlah hubungan anda secara individu atau dengan seluruh anggota pada kelompok tersebut. Dan ketika keberadaan anda sudah diterima oleh mereka secara baik, mulailah untuk memperkuat dan memelihara hubungan tersebut.

*

Jangan hanya diam di dalam kelompok tersebut, usahakan untuk ikut membantu anggota lainnya jika memungkinkan. Hubungan dalam suatu jaringan biasanya berjalan sesuai dengan prinsip kebersamaan, dan saling tolong menolong.

*

Inglatlah bahwa jaringan dapat terjadi jika pada suatu kelompok diskusi apabila tidak hanya pada suatu karir tertentu atau industri tertentu. Namun seperti halnya keberadaan seseorang dalam suatu lingkungan akan berarti apabila mereka saling berbagi tentang kebisaan mereka. Begitu juga di dalam kelompok diskusi.

*

Pertimbangkan untuk memulai diskusi pada kelompok tersebut untuk membuat mereka berkomentar. Jika kelompok ini beranggotakan sangat banyak anggota, bisasanya akan sulit untuk mengetahui hal keinginan atau bidang yang spesifik, tidak ada salahnya anda membangun sebuah kelompok baru.

___________
jack FebrianDosen dan Praktisi Teknologi Informasi di Bandung. Telah menulis beberapa buku, diantaranya Menggunakan Internet, Kamus Komputer dan Teknologi Informasi, Menjelajah Dunia dengan Google, Tentang Pendidikan Tinggi di Indonesia, dll..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: