CATATAN UNIK TENTANG HEWAN

April 7, 2008 at 7:42 am (ilmu alam)

CATATAN UNIK TENTANG HEWAN

* Emu dan kanguru tidak dapat berjalan mundur.
* Berang-berang bisa menahan (tidak ber-)nafas di dalam air selama 45 menit.
* Burung terkecil di dunia adalah humming bird, karena beratnya hanya 1 ons.
* Yang bergaris-garis pada tubuh harimau bukan cuma bulunya, tetapi juga kulitnya.
* Rusa kutub memakan lumut karena mengandung zat yang membuat tubuh mereka tidak
membeku.
* Burung pelatuk (ingat Woody Woodpecker?) dapat mematuk 20x per detik. Mereka tidak akan mengalami pusing, karena otaknya dilindungi bantalan udara (mirip airbag pada mobil jaman sekarang kali ya?).
* Badak adalah binatang terkuat di dunia, karena dapat mengangkat beban yang 850x berat badannya (manusia aja paling cuma kuat membawa 2x berat badannya ya?). Semut mampu mengangkat 50x berat badannya.
* Kadal (yang suka memangsa serangga memakai lidahnya) memiliki lidah sepanjang tubuhnya. Kedua matanya dapat melihat dua objek yang berbeda dan sama-sama fokusnya.
* Semut bulldog hitam dari Australia adalah semut paling berbahaya di dunia, karena dapat menyengat dan menggigit pada saat bersamaan dan keduanya mengandung racun mematikan (dan sudah ada korban manusia).
* Armadillo, sloth, dan opossum (semuanya sejenis tupai) menghabiskan 80% waktu hidupnya untuk tidur (enak bener ya?). Musang juga mirip, karena tidur 20 jam sehari. Sedang seekor siput bisa tidur selama 3 tahun.
* Gajah dapat mencium aroma air sejauh 3 mil (1 km lebih).
* Jantung landak berdenyut 300x dalam semenit, sedang jantung ikan paus biru hanya berdenyut 6x semenit.
* Masih ikan paus biru: suaranya paling keras dibanding binatang lainnya, dan lidahnya cukup lebar sehingga dapat untuk berdiri 50 orang.
* Di Amerika, ada lebih banyak sapi dibanding manusia.
* Bintang laut tidak mempunyai otak (lah, kenapa kita sering mengumpat “otak udang” ya?).
* Ikan emas dapat mengingat hanya sekitar 2-3 detik saja (yah, lebih baik dibanding bintang laut ya?)
* Lebih banyak orang mati karena tak sengaja menelan gabus botol sampanye dibanding karena sengatan laba-laba beracun.
* Lebih banyak orang mati karena sengatan lebah dibanding karena gigitan ular.
* Jumlah serangga di dunia ini ada sebanyak 200juta kali jumlah manusia.
* Hiu tidak dapat terkena penyakit kanker.
* Saking panjangnya lidah seekor jerapah (21 inci), sehingga mereka dapat membersihkan telinganya dengan lidahnya.
* Jika kalajengking ditetesi minuman keras, dia akan marah dan menyengat dirinya sendiri sampai mati.
* Sama-sama tanpa air, tikus dapat hidup lebih lama dibanding unta.
* Seekor kecoa dapat hidup selama 9 hari tanpa kepala. Kecoa juga merupakan binatang yang tahan terhadap radiasi, sehingga kalau ada perang nuklir, kecoalah yang paling banyak selamat.
* Seekor semut dapat mengangkat barang yang berbobot 50x berat badannya, dan menarik barang yang beratnya 30x berat badannya.
* Seekor singa bisa berhubungan kelamin 50 kali dalam sehari.
* Babi dapat menikmati orgasme selama 30 menit (tau deh ngukurnya bagaimana).
* Seekor kucing betina bisa melahirkan 20.736 anak kucing dalam empat tahun (waduh, efektif banget to ya hubungan badannya?).
* Makhluk hidup yang menikmati seks hanyalah lumba-lumba dan manusia (lha bagaimana dengan babi tadi?)
* Hyena lebih didominasi kaum betinanya. Bahkan klitoris mereka berukuran sangat menonjol, dan dapat berereksi. Sialnya lagi, hal ini ditujukan untuk menakut-nakuti hyena jantan! (Lah, terus ML sama siapa dong kalau cowoknya ditakut-takuti dan diusir?)
* Kelelawar selalu terbang ke kiri setelah keluar dari dalam gua.
* Gajah adalah satu-satunya binatang yang tidak dapat melompat.
* Sapi dapat berjalan menaiki tangga, tapi tidak menuruninya.
* Semua beruang kutub kidal lho.
* Ayam bisa terbang tidak lebih dari 13 detik.
* Seekor siput dapat tidur tiga tahun lamanya.
* Usia capung hanya 24 jam.
* Kupu-kupu merasakan makanan dengan kakinya.
* Mata burung unta lebih besar daripada otaknya.
* Kata “butterfly” berasal dari kata “flutterby”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: