Call Forwading, Bagaimana Memanfaatkannya

April 1, 2008 at 8:21 pm (ilmu alam)

Jika tidak ada sinyal operator, salah satu alternatif yang dapat kita gunakan adalah layanan Call Forwarding. Layanan ini memungkinkan panggilan yang masuk dialihkan ke nomor lain. Fasilitas yang mulai dilupakan ini akan efektif bila digunakan untuk orang-orang yang hidupnya nomaden, sering bepergian.

Call Forwarding atau pengalihan panggilan merupakan fitur pengalihan panggilan yang masuk ke nomor telepon lainnya baik ke nomor ponsel maupun telpon rumah (PSTN). Sinyal jadi teringat kenangan semasa kuliah empat tahun yang lalu ketika bersama satu geng kampus saya berlibur ke daerah pantai selatan di Garut. Kebetulan salah satu teman menggunakan layanan operator yang belum menjangkau daerah tersebut.

Sebagai solusinya ia mengalihkan ke nomor Sinyal karena memang sinyal operator yang saya pakai sudah tersedia di sana. Alhasil tidak lebih setengah hari baterai ponsel Sinyal pun habis karena dipakai untuk meng-handle dua nomor telpon.
Waktu itu layanan yang biasa juga disebut Call Divert ini masih menjadi andalan bagi sebagian orang karena memang pembangunan infrastruktur telepon selular sendiri masih terfokus di daerah perkotaan saja.

Jika seluruh wilayah nusantara sudah ter-cover masihkah layanan yang sudah menjadi fitur standar ini masih bermanfaat?

Sebenarnya ada beberapa pengalihan yang bisa dipilih dengan menggunakan Call Forwarding di antaranya bila telepon sedang sibuk (busy), berada di luar jangkauan, telepon dalam keadaan tidak aktif, atau kita mengalihkan semua panggilan. Namun tidak semua orang dapat memanfaatkan layanan pengalihan ini, kerena layanan ini hanya bisa digunakan jika pihak operator menyediakannya.

Perhitungan tarifnya sendiri berbeda-beda tergantung kebijakan dari operator masing-masing. Sebaiknya Anda membaca perhitungan tarif untuk layanan Call Forwarding ini, jangan sampai sepulang dari liburan Anda kaget melihat pulsa Anda tiba-tiba terkeruk habis, padahal pulsa tersebut dipakai untuk layanan Call Forwarding.

Untuk mengaktifkannya ada beberapa cara. Jika pada ponsel terdapat menu Call Forward maka Anda dapat mengaksesnya langsung, atau Anda dapat memanfaatkan SMS, cara lain yang dapat Anda gunakan adalah dengan menekan beberapa tombol langsung pada layar utama ponsel.

Tabel Cara Mengaktifkan Call Forwarding pada Kartu Prabayar

 

Operator – Call Forward

Call Forward Unconditional

Call Forward Default

Call Forward Busy

Call Forward No Answer

Keterangan

 

Orator – Call Forward

Call Forward Unconditional

Call Forward Default

Call Forward Busy

Call Forward No Answer

Keterangan

* No Tujuan adalah no tujuan pengalihan
* Setelah memasukkan no tujuan diikuti tombol OK

Keterangan :
Call Forward Unconditional: Mengalihkan semua panggilan yang masuk kepada Anda ke mana pun juga tanpa prakondisi tertentu

Call Forward Default: Mengalihkan semua panggilan yang masuk kepada Anda ke manapun juga apabila sedang sibuk, tidak ada jawaban, ataupun berada di luar jangkauan.

Call Forward Busy: Mengalihkan semua panggilan yang masuk kepada Anda ke mana pun juga apabila sedang sibuk

Call Forward No Answer: Mengalihkan semua panggilan yang masuk ke Anda ke mana pun juga apabila Anda tidak menjawab panggilan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: